INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE: MAIL MERGE

 

INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE: MAIL MERGE

      Mail Merge ada yang menyebutnya sebagai surat gabung tapi ada juga yang menyebutnya sebagai surat masal. Disebut surat gabung karena menggabungkan 2 sistem aplikasi sehingga aplikasi utama dapet menampil data dari aplikasi sumber misalnya dari Ms. Word mengambil data yang ada pada Ms. Excel. Disebut surat masal karena biasanya Mail Merge ini digunakan untuk mengirimkan surat atau berkas kebanyak orang dengan menggunakan template yang sama namun berbeda informasi data nya. 

      Cara menggabungkan database yang ada di Ms. Excel ke Ms. Word yaitu pertama-tama klik Mailings kemudian klik Start Mail Merge dan klik letters, selanjutnya klik Select Recipients, disini terdapat 3 pilihan yaitu Type a New List, Use an Existing List, Choose From Outlook Contacts, namun yang kita klik/gunakan adalah use an existing list dengan cara meilih file, setelah itu gabungkan dan sesuaikan dengan tempatnya. Selanjutnya, untuk melihat surat apakah sudah tergabung dengan database nya yaitu mengklik menu preview results. selain itu juga diatas kanan juga terdapat tombol navigasi, dari situ kita dapat melihat data-data atau record yang ada di dalam database dan terdapat di Ms. Excel. dan Langkah terakhir pembuatan surat kalian bisa merapihkan font sesuai dengan selera masing-masing. selanjutnya untuk mengakhiri, klik Finish & Merger, lalu disitu terdapat 3 pilihan yaitu, Edit Individual Documents, Print Documents, dan Send Email Messages yang bisa kalian pilih sesuai dengan kepentingan masing-masing

Comments

Popular posts from this blog

Masyarakat Digital: Cara Menumbuhkan Budaya Kerja Sama yang Baik dalam Tim

Integrasi antar aplikasi office

Tipe data dalam pemrograman