INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE: MAIL MERGE
INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE: MAIL MERGE
Mail Merge ada yang menyebutnya sebagai surat gabung tapi ada juga yang menyebutnya sebagai surat masal. Disebut surat gabung karena menggabungkan 2 sistem aplikasi sehingga aplikasi utama dapet menampil data dari aplikasi sumber misalnya dari Ms. Word mengambil data yang ada pada Ms. Excel. Disebut surat masal karena biasanya Mail Merge ini digunakan untuk mengirimkan surat atau berkas kebanyak orang dengan menggunakan template yang sama namun berbeda informasi data nya.
Cara menggabungkan database yang ada di
Ms. Excel ke Ms. Word yaitu pertama-tama klik Mailings kemudian klik Start Mail
Merge dan klik letters, selanjutnya klik Select Recipients, disini terdapat 3
pilihan yaitu Type a New List, Use an Existing List, Choose From Outlook Contacts,
namun yang kita klik/gunakan adalah use an existing list dengan cara meilih
file, setelah itu gabungkan dan sesuaikan dengan tempatnya. Selanjutnya, untuk
melihat surat apakah sudah tergabung dengan database nya yaitu mengklik menu
preview results. selain itu juga diatas kanan juga terdapat tombol navigasi,
dari situ kita dapat melihat data-data atau record yang ada di dalam database
dan terdapat di Ms. Excel. dan Langkah terakhir pembuatan surat kalian bisa
merapihkan font sesuai dengan selera masing-masing. selanjutnya untuk
mengakhiri, klik Finish & Merger, lalu disitu terdapat 3 pilihan yaitu, Edit
Individual Documents, Print Documents, dan Send Email Messages yang bisa kalian
pilih sesuai dengan kepentingan masing-masing
Comments
Post a Comment