Integrasi antar aplikasi office

 

Tujuan utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Aliran informasi diantara sistem sangat bermanfaat bila data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya

Definisi integrasi : saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari suatu sistem secara rutin dapat melintas menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain

Integrasi terbagi menjadi 2 yaitu, integrasi data dan integrasi sistem (integrated system)

  1. Integrasi data : proses menggabungkan/menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen infromasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna
  2. Integrasi sistem : rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fisik maupun fungsional

Manfaat integrasi :

  • Satu sumber utama
  •  Database tertata rapih
  • User interface yang lebih konsisten

4 cara mengintegrasikan aplikasi :

  1. Pemanggilan prosedur/function : aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain
  2. Messaging : aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan
  3. Sharing database : pengirim dan penerima memnggunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim menaruh data nya ke suatu table di database untuk kemudian dibaca oleh penerima
  4. File transfer : mekanisme yang format file dan struktur data didalam nya sudah  ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya

integrasi pada aplikasi Ms. Office

  • Ms. Office merupakan software/perangkat lunak yang paling sering digunakan mulai dari pelajar hingga pekerja profesional untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan kerjaannya
  • Ms. Word : aplikasi pengolah kata yang sampai saat ini sudah dikenal mulai dari anak SD hingga anak kuliahan dan digunakan juga untuk di perkantoran
  • Ms. Excel : aplikasi pengolah data berupa perhitungan angka maupun grafik. Dengan Ms. Excel pengguna dapat membuat lembar kerja speed shift dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan. Ms. Excel merupakan program popouler yang jika dipelajari lebih jauh sebenarnya memiliki kelebihan dibanding dengan aplikasi sejenis
  • Ms. Power point : berfungsi sebagai media presentasi dengan menggunakan slide. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dimudahkan untuk melakukan presentasi. Selain itu, dalam power point juga terdapat fitur yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi menjadi jauh lebih menarik

Contoh integrasi pada aplikasi Ms. Office :

  • Membuat table of content pada Ms. Word
  • Linking and embed pada aplikasi office
  • Membuat surat massal pada Ms. Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms. Excel/Ms. Acces
  • Membuat grafik pada aplikasi Ms. Office

 

Comments

Popular posts from this blog

Masyarakat Digital: Cara Menumbuhkan Budaya Kerja Sama yang Baik dalam Tim

Tipe data dalam pemrograman