Integrasi antar aplikasi office
Tujuan utama
dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang
tepat. Aliran informasi diantara sistem sangat bermanfaat bila data dalam file
suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya atau output suatu sistem menjadi
input bagi sistem lainnya
Definisi integrasi
: saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari suatu sistem secara
rutin dapat melintas menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain
Integrasi terbagi
menjadi 2 yaitu, integrasi data dan integrasi sistem (integrated system)
- Integrasi data
: proses menggabungkan/menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda
dan dilakukan untuk mendukung manajemen infromasi serta mendukung pengolahan
data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna
- Integrasi sistem
: rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan
software aplikasi baik secara fisik maupun fungsional
Manfaat integrasi
:
- Satu sumber utama
- Database tertata rapih
- User interface yang lebih konsisten
4 cara
mengintegrasikan aplikasi :
- Pemanggilan prosedur/function
: aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil
aplikasi lain
- Messaging :
aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan
- Sharing database
: pengirim dan penerima memnggunakan database sebagai media pertukaran data. Pengirim
menaruh data nya ke suatu table di database untuk kemudian dibaca oleh penerima
- File transfer :
mekanisme yang format file dan struktur data didalam nya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi
penyimpanan file dan aturan penamaannya
integrasi
pada aplikasi Ms. Office
- Ms. Office merupakan software/perangkat lunak
yang paling sering digunakan mulai dari pelajar hingga pekerja profesional untuk
membantu dalam menyelesaikan tugas dan kerjaannya
- Ms. Word : aplikasi pengolah kata yang sampai saat
ini sudah dikenal mulai dari anak SD hingga anak kuliahan dan digunakan juga
untuk di perkantoran
- Ms. Excel : aplikasi pengolah data berupa perhitungan
angka maupun grafik. Dengan Ms. Excel pengguna dapat membuat lembar kerja speed
shift dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan. Ms. Excel
merupakan program popouler yang jika dipelajari lebih jauh sebenarnya memiliki
kelebihan dibanding dengan aplikasi sejenis
- Ms. Power point : berfungsi sebagai media
presentasi dengan menggunakan slide. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna
dimudahkan untuk melakukan presentasi. Selain itu, dalam power point juga
terdapat fitur yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi menjadi jauh
lebih menarik
Contoh integrasi
pada aplikasi Ms. Office :
- Membuat table of content pada Ms. Word
- Linking and embed pada aplikasi office
- Membuat surat massal pada Ms. Word dengan
menggunakan database yang ada pada Ms. Excel/Ms. Acces
- Membuat grafik pada aplikasi Ms. Office
Comments
Post a Comment